INOVASI

Pengertian

                  Inovasi merupakan setiap ide atau pun gagasan baru yang belum pernah ada               atau pun diterbitkan  sebelumnya. Sebuah inovasi biasanya berisi terobosan-terobosan         baru mengenai sebuah hal yang diteliti oleh sang inovator (orang yang membuat                   inovasi).

Pengertian menurut para ahli





1.Kuniyoshi Urabe

      Inovasi bukan merupakan kegiatan satu kali pukul (one time phenomenon), melainkan suatu          proses yang panjang dan kumulatif yang meliputi banyak proses pengambilan keputusan di dan          oleh organisasi dari mulai penemuan gagasan sampai implementasinya di pasar.


2.Van de Ven, Andrew H 

       Inovasi adalah pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan baru oleh orang dimana            dalam jangka waktu tertentu melakukan transaksi-transaksi dengan orang lain dalam suatu tatanan    organisasi.


3.Stephen Robbins (1994)5,

      Inovasi adalah suatu ide, gagasan, praktek atau objek/benda yang disadari dan diterima sebagai    suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi.


4.West & Far (Ancok,2012:34)

     Inovasi adalah pengenalan dan penerapan dengan sengaja gagasan, proses,produk, dan                 prosedur yang baru pada unit yang menerapkannya,yang dirancang untuk memberikan keuntungan   bagi individu, kelompok, organisasi dan masyarakat luas.

5. UU No. 18 tahun 2002


      Pengertian Inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang            bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau      cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau    proses produksi.


Ciri ciri inovasi

    Inovasi memiliki empat ciri yakni :
  1. Memiliki kekhasan / khusus artinya suatu inovasi memiliki ciri yang khas dalam arti ide, program, tatanan, sistem, termasuk kemungkinan hasil yang diharapkan.
  2. Memiliki ciri atau unsur kebaruan, dalam arti suatu inovasi harus memiliki karakteristik sebagai sebuah karya dan buah pemikiran yang memiliki kadar Orsinalitas dan kebaruan.
  3. Program inovasi dilaksanakan melalui program yang terencana, dalam arti bahwa suatu inovasi dilakukan melalui suatu proses yang yang tidak tergesa-gesa, namun keg-inovasi dipersiapkan secara matang dengan program yang jelas dan direncanakan terlebih dahulu.
  4. Inovasi yang digulirkan memiliki tujuan, program inovasi yang dilakukan harus memiliki arah yang ingin dicapai, termasuk arah dan strategi untuk mencapai tujuan tersebut.



PENEMUAN



Pengertian 

  
    Penemuan (discovery) ialah proses mental dimana seseorang mampu mengasimilasikan sesuatu konsep atau prinsip”. Proses mental tersebut ialah mengamati, mencerna, mengerti, mengolong-golongkan, membuat dugaan, menjelaskan, mengukur, membuat kesimpulan dan sebagainya

Menurut Jerome Bruner


    "Penemuan adalah suatu proses, suatu jalan/cara dalam mendekati permasalahan bukannya suatu produk atau item pengetahuan tertentu." Dengan demikian di dalam pandangan Bruner, belajar dengan penemuan adalah belajar untuk menemukan, dimana seseorang dihadapkan dengan suatu masalah atau situasi yang tampaknya ganjil sehingga orang itu dapat mencari jalan pemecahan.



REVIEW PRODUK



Acer Air Monitor




 Apa itu Acer Air Monitor? Acer Air Monitor adalah perangkat elektronik yang berguna untuk memonitori kondisi udara dalam rumah agar kondisi udara di rumah tetap terjaga.

Mengapa Acer Air Monitor merupakan sebuah inovasi?


Dikarenakan  gadget ini dapat memonitori udara dirumahmu agar tetap terjaga dan gadget ini dapat memonitori kondisi udara dari 6 indeks penting, yaitu temperatur, kelembapan, kadar TVOC ,CO2, PM2,5 atau PM10, dan yang lebih canggihnya lagi Acer Air Monitor ini dilengkapi dengan lampu LED yang berguna untuk memberitahu kondisi udara di sekitarmu, dan Acer Air Monitor ini dapat dihubungkan ke smartphone mu agar kamu dapat mengambil solusi berupa tindakan preventif agar kondisi udara di sekitarmu lebih baik dan sehat.

Kesimpulan:

Acer Air Monitor adalah sebuah inovasi produk untuk kesehatan tubuh dimana udara disekitar kita dapat terjaga dan kita dapat menjadi lebih sehat hanya dengan sebuah alat elektonik ini.

Komentar